Berbagi Pengalaman Menata Taman & Kebun

Manfaat Sirih Merah



Mengobati sakit maag
Cuci bersih beberapa lembar daun sirih merah. Giling hingga halus lalu beri sedikit air panas, oleskan ke bagian perut.

Mengatasi batuk

Siapkan 5 lembar daun sirih merah. Rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah itu tambahkan madu lalu minum secara teratur sehari 2 kali.
Mengobati Bronkitis
Ambil 6 lembar daun sirih merah lalu cuci sampai bersih, setelah itu rebus dengan 2 gelas air yang di beri tambahan 2 sendok teh gula pasir. Rebus sampai hanya tersisa 1 gelas lalu minum.

Mengatasi gatal-gatal
Ambil daun sirih merah yang masih segar kurang lebih 20 lembar. Masukkan kedalam 1 liter air lalu rebus hingga mendidih. Selanjutnya air rebusan tadi ditambahkan kedalam air dingin dan digunakan untuk mandi.

Mengatasi gusi berdarah
Rebus hingga mendidih 6 lembar pucuk daun sirih dengan 2 gelas air. Diamkan hingga air rebusan daun sirih agak dingin. Gunakan air rebusan tadi untuk berkumur.

Mengatasi sariawan
Ambil 1 atau 2 lembar daun sirih yang masih muda. Bersihkan, lalu kunyah hingga daun sirih hancur kemudian buang.

Mengatasi bau mulut
Ambil 2 lembar daun sirih merah remas-remas kemudian peras airnya. Seduh dengan air panas, lalu minum selagi hangat.

Mengobati mata merah
Rebus hingga mendidih 6 lembar pucuk daun sirih dengan 2 gelas air. Diamkan hingga air rebusan daun sirih agak dingin, lalu basuhkan pada mata.

Mengobati luka bakar
Guna Meringankan efek luka bakar siapkan beberapa lembar daun sirih merah, cuci bersih kemudia remas-remas sampai mengeluarkan air. Beri sedikit madu kemudian oleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Lakukan ini tiap pagi dan sore, dalam beberapa hari luka bakar pun akan berangsur sembuh.

Mengatasi mimisan
Siapkan selembar daun sirih merah, bersihkan lalu gulung kemudi masukan pada lubang hidung yang terkena mimisan. Lakukan secara rutin hingga tidak lagi mengeluarkan darah.

Mengatasi keputihan
Caranya dengan membersihkan bagian kewanitaan anda dengan air rebusan 5 lembar daun sirih.

Mengatasi bengkak payudara akibat memberi ASI
Panaskan daun sirih merah di atas api sampai agak layu, lalu tempelkan pada payudara yang sebelumnya telah di olesi dengan minyak kelapa.

Mengurangi bau badan
Tumbuk hingga halus 2 lembar daun sirih lalu oleskan pada ketiak dan diamkan beberapa saat sebelum mandi.

Mencegah dan menghilangkan jerawat
Rebus 3  lembar daun sirih, lalu air rebusannya itu digunakan untuk mencuci muka setiap pagi dan malam sebelum tidur.
Share on Google Plus

0 komentar:



'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();